Hyundai & LG Gelontorkan Rp15,9 Triliun untuk Bangun Pabrik Baterai di Indonesia

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Keseriusan Hyundai untuk menggarap pasar mobil listrik di Indonesia kelihatannya semakin memantabkan mereka untuk berani berinvestasi lebih besar. Kabar terbarunya, Hyundai Motor Group bersama LG Energy Solution telah menandatangani persetujuan dengan Pemerintah Indonesia.

Dalam memorandum of understanding (MoU)-nya Hyundai dan LG akan membentuk joint venture di Indonesia untuk pengembangan dan produksi baterai mobil listrik. Sebagai bentuk investasinya, Hyundai dan LG menginvestasikan dana sebesar $1,1 miliar atau sekitar Rp15,9 triliun untuk pembangunan pabrik baterai mobil listrik baru di Karawang.

Duo pabrikan Korea Selatan tersebut memilih Karawang sebagai lokasi pabrik mereka karena kota tersebut dinilai cukup dengan dengan Jakarta yang jadi ibukota negara. Selain itu, Karawang juga memiliki jaringan transportasi yang luas mulai bandar udara, pelabuhan, hingga jalan tol.

Pabrik baterai tersebut akan menempati lahan seluas 330.000 meter persegi dan direncanakan akan mulai dibangun pada akhir 2021 mendatang. Proses pembangunannya direncanakan akan berlangsung selama 2 tahun hingga 2023. Dan akan mulai beroperasi memproduksi baterainya pada tahun 2024 mendatang.

Saat beroperasi nanti pabrik ini akan memproduksi sel baterai lithium-ion NCMA dengan kapasitas total 10 GWh setiap tahunnya. Jumlah tersebut diperkirakan mampu memenuhi memasok lebih dari 150.000 unit mobil listrik.

Nantinya baterai yang diproduksi pada pabrik tersebut akan digunakan pada mobil-mobil listrik buatan Hyundai-KIA group. Mobil-mobil listrik tersebut akan dibangun pada platform khusus mobil listrik mereka yang disebut Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

Baik Hyundai dan LG kini memang tengah berkonsentrasi untuk bersiap menjadi salah satu kekuatan mobil listrik global di masa depan. Pada 2025 mendatang, grup ini berencana untuk memperluas lini mobil listriknya hingga 23 model. Serta mampu menjual 1 juta mobil listrik di seluruh dunia.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!