Hyundai Ioniq 5 Robotaxi. Seperti Inikah Taksi Di Masa Depan?

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Beberapa hal yang biasanya ditunjukkan pada film-film fiksi ilmiah adalah di masa depan taksi merupakan sebuah kendaran otonomus yang sudah tidak membutuhkan supir. Dan itulah yang sepertinya ingin dikejar oleh Hyundai lewat konsep terbarunya yang disebut Ioniq 5 Robotaxi.

Seperti namanya, Ioniq 5 Robotaxi ini diproyeksikan sebagai taksi masa depan yang akan beroperasi pada 2023 lewat perusahaan taksi asal Amerika, Lyft. Hyundai pun melengkapi mobil ini dengan berbagai sensor dan perlengkapan untuk mendukung mobil otonomus level 4 SAE.

Total ada 30 sensor yang terpasang, ditambah dengan sejumlah kamera, radar, dan juga LiDAR yang terpasang di sekeliling mobil. Berbagai kelengkapan ini juga sengaja dipasang secara eksplisit dari luar sehingga para pengguna lain tahu bahwa mobil tersebut adalah mobil otonomus.

Ioniq 5 Robotaxi ini nantinya dapat beroperasi penuh secara otonomus di dalam keadaan tertentu. Dan tetap mempertahankan kontrol yang dapat dioperasikan oleh manusia bila memang diperlukan.

Berbagai data yang didapat oleh sensor nantinya akan dikirimkan ke teknologi driverless dari Motional. Data tersebut nantinya diolah oleh machine learning yang memungkinkan kendaraan untuk menavigasi situasi mengemudi yang rumit.

Motional sendiri bekerja secara intensif dengan Hyundai untuk memastikan teknologinya terintegrasi penuh ke dalam platform Ioniq 5. Sehingga Robotaxi memiliki fungsi navigasi penuh, sekaligus memiliki fungsi keselamatan yang tertanam di dalamnya.

Ditambah lagi, mobil ini masih dilengkapi dengan remote vehicle assistance sehingga operator dapat mengontrol mobilnya dari luar. Hal tersebut tentunya penting untuk mengantisipasi bila mobilnya mengalami keadaan darurat.

Seperti yang dibilang, tampilan eksterior dari mobil ini terlihat mencolok dengan berbagai tonjolan yang berisi sensor, kamera, dll di semua sisi. Di dalam, mayoritas interiornya masih menggunakan interior standar milik Ioniq 5. Namun kursi penumpang depan ditiadakan untuk memaksimalkan ruang.

Antarmuka yang ada juga difokuskan untuk mempermudah interaksi penumpang. Penumpang dapat melakukan berbagai interaksi kepada mobilnya termasuk meminta perhentian ekstra dan perintah lainnya.