Hyundai Creta, Penantang Baru SUV Kompak di Indonesia

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Setelah cukup lama menjadi desas-desus, PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) akhirnya secara resmi memperkenalkan New Hyundai Creta 2021. Mobil tersebut juga diluncurkan pada gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Mobil ini mendapat predikat ‘New‘ karena memang merupakan versi facelift dan secara resmi diperkenalkan pertama kali di Indonesia. Selain itu, mobil subcompact SUV ini juga jadi mobil Hyundai pertama diproduksi langsung dari pabrik Hyundai yang ada di Indonesia.

Membicarakan desainnya. New Creta ini telah mengadaptasi desain wajah terbaru dari Hyundai yang bernama “Parametric Jewel”. Desain ini juga digunakan pada Hyundai lainnya seperti Tucson dan Santa Cruz. Bagian depannya kini tampil agresif dengan grille yang menyatu dengan lampu DRL di bagian atas. Sedangkan lampu utamanya berada di bawah.

Bagian sampingnya cukup tampil moskular dengan dua garis tegas yang berada di atas fender roda. Sedangkan tampilan belakangnya juga unik dengan desain khas Hyundai yang masih mirip dengan versi sebelumnya namun diubah sedikit.

Masuk ke dalam, Hyundai Creta menawarkan desain interior yang cukup modern dengan beberapa fitur unggulan seperti sistem informasi pengemudi full digital dengan layar 10,25 inci. Sistem infotainment dengan layar 8 inci yang telah didukung sound system dari BOSE.

Untuk menambah kemewahan mobil ini juga memiliki panoramic sunroof yang membentang hingga baris kedua. Sedangkan masalah keamanan, Creta juga telah dilengkapi dengan Hyundai Smart Sense yang telah mendukung berbagai sistem keamanan seperti ADAS, FCA, LKA, LFA, dll.

Untuk dapur pacu, Hyundai menyematkan mesin Smartsream G 1500cc yang menghasilkan tenaga 115 daya kuda dengan torsi 143,8 Nm. Untuk transmisinya, Creta memiliki opsi transmisi manual serta CVT (iVT). Hyundai Indonesia juga akan ditawarkan dalam beberapa trim mulai dari Active, Trend, Style, dan Prime dengan harga mulai Rp279-399 juta.