Honda Ternyata Tengah Mengembangkan Minibike Elektrik Bergaya ‘Grom’

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Baik bergaya skuter, sport, maupun klasik motor listrik memang memiliki kebebasan untuk menentukan gayanya. Dan hal tersebut kelihatannya dimanfaatkan dengan baik oleh pabrikan mobil dan motor asal Jepang – Honda.

Honda sendiri sudah dapat dipastikan memproduksi versi elektrik dari skuter PCX mereka, namun untuk motor listrik mereka berikutnya kelihatannya pabrikan berlogo sayap ini mengambil langkah yang berbeda.

Honda Grom yang sudah diproduksi

Dikutip dari Cycleworld Honda dilaporkan telah melayangkan 3 paten di Jepang terhadap motor listrik mereka. Dalam gambar paten tersebut sendiri terlihat bahwa mereka tengah mengembangkan sebuah minibike elektrik yang memiliki desain mirip dengan ‘Honda Grom’

Honda Grom sendiri sebenarnya merupakan motor sport produksi Honda Thailand yang dipasarkan di area Asia Timur, Amerika Serikat, dan Eropa. Berbeda dengan motor sport ber-CC kecil di area Asia Tenggara, Honda Grom yang punya mesin 125 cc juga punya bodi kecil yang membuatnya terlihat seakan seperti motor mainan.

Honda juga memasukkan dua kamera sebagai pengganti spion dalam patennya

Motor konsep terbaru Honda ini pun memiliki ukuran dan juga style yang serupa dengan Grom, meskipun terlihat motor baru ini membawa desain yang lebih minimalis dan modern. Perbedaan lain adalah pada bagian kaki-kaki depan yang akan menggunakan pengaturan fork bergaya Hossack layaknya Honda Gold Wing.

Konsep Honda ini mengadopsi fork bergaya Hossack layaknya Honda Gold Wing.

Bagian bodi bawah dari paten tersebut juga memperlihatkan motor yang didominasi oleh baterai dan juga mesin elektrik yang terletak di belakang dekat roda belakang. Dari gambarnya sendiri kelihatannya motor ini akan mengadopsi sistem ‘swappable battery alias baterai yang bisa dilepas pasang mirip dengan yang mereka terapkan di PCX Electric.

Dalam konsep ini juga Honda memperlihatkan jok motor yang terbuat dari plastik fleksibel

Sayangnya konsep ini sendiri masih berupa aplikasi paten yang tentunya belum bisa menjamin bahwa motor ini nantinya bakal bisa berlanjut hingga ke jalur produksi. Namun, setidaknya hal ini menunjukkan keseriusan Honda dalam menjajal berinovasi di ranah motor listrik.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!