Honda Ternyata Sudah Mulai Mengeluarkan Skuter Elektrik Murah Seharga Honda Beat

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Pabrikan Jepang, baik mobil maupun motor memang masih belum berfokus penuh kepada kendaraan listrik. Namun pelan-pelan pabrikan ini mulai memperbanyak portofolio kendaraan elektriknya. Seperti yang dilakukan oleh Honda motor yang baru saja meluncurkan skuter elektrik murah mereka Honda U-GO.

Produk ini memang bukan hasil dari Honda Global melainkan lewat anak perusahaan mereka di China, Wuyang-Honda. Motor ini dibuat untuk ikut masuk ke dalam pasar skuter listrik urban yang memang sangat populer di sana.

Secara desain, Honda U-GO memiliki desain yang mungil yang mungkin mengingatkan pada skutik Honda yang ada di Indonesia, Honda Genio. Terutama pada bagian lampu depan berbentuk segienam. Namun pada U-GO letak lampunya lebih rendah, dan ia sudah menggunakan DRL LED di sekeliling lampunya.

Sisi modern dari motor ini juga terlihat dari penggunaan spedometer digital meskipun masih monokrom. Sedangkan pada bagian belakang, U-GO tampak gambot dengan bodi yang tidak terlalu panjang. Namun bodi besar tersebut membuat U-GO masih memiliki bagasi luas di bawah jok sebesar 26 liter.

Mengenai spesifikasinya, Honda U-GO akan memiliki dua pilihan motor listrik. Yang pertama adalah versi standar yang menggunakan motor listrik 1,2 kW. Yang memiliki tenaga puncak 1,8 kw atau 2,4 daya kuda yang setara dengan skuter listrik kecil lain, Niu N Lite. Kecepatan puncaknya pada 53 km/jam.

Sedangkan yang kedua adalah versi low speed yang hanya menggunakan motor listrik 800 watt (1,6 dk) dengan kecepatan maksimal hanya 43 km/jam. Untuk baterai keduanya identik dengan menggunakan baterai berkapasitas 1,44 kWh. Dengan konfigurasi tersebut U-GO dapat melaju hingga 65 km. Dan bahkan bisa digandakan hingga 130 km bila menggunakan baterai kedua.

Untuk saat ini Honda mengumumkan U-GO khusus untuk pasar China dan akan dibuka dengan harga RMB 7,499 atau sekitar Rp16,7 juta-an. Bila PT Astra Honda Motor nantinya memasukkan motor ini ke Indonesia, motor ini bisa menjadi opsi ramah lingkungan.