Honda Perkenalkan Lima Mobil Listrik Baru Khusus untuk China

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Sebagai pasar mobil listrik terbesar dunia, tidak mengherankan bila beberapa pabrikan mobil lebih memusatkan penetrasi mobil listriknya di China. Seperti yang dilakukan oleh pabrikan asal Jepang, Honda yang memperkenalkan tidak hanya satu namun 5 model baru sekaligus.

5 model mobil listrik ini akan masuk ke dalam e:N Series yang akan dirilis khusus untuk China. Seri ini sendiri mengambil moto “Dynamic, Intelligence and Beauty.” dan akan dibangun lewat arsitektur khusus e:N.

Meskipun tidak dijelaskan secara detail namun nantinya akan ada 3 versi platform yang digunakan. Honda memang menginginkan mobil listriknya nanti dapat hadir dengan variasi konfigurasi penggerak roda depan (FWD), penggerak roda belakang (RWD), dan penggerak semua roda (AWD)

Untuk desainnya, Honda juga mengatakan akan memberikan filosofi desain unik untuk seri e:N ini. Dua model pertama yang ditampilkan adalah eNS1 dan e:NP1. Meskipun punya nama yang berbeda namun terlihat bahwa kedua mobil tersebut menggunakan basis dari HR-V terbaru.

Keduanya dikembangkan oleh anak perusahan Honda di China yaitu Dongfeng dan GAC. Kedua mobil ini juga direncanakan untuk dirilis pada awal tahun depan. Tidak banyak detail dari kedua mobil ini, tetapi keduanya disebut akan memiliki jarak tempuh hingga 500 km dan mampu melaju dari 0 ke 100 km/jam kurang dari 8 detik.

Selain dua model tadi, Honda juga memperkenalkan 3 model konsep kedepannya. Yaitu e:N SUV, e:N GT, dan e:N Coupe. Seperti namanya ketiga mobil ini akan mengisi berbagai lini model mobil listrik yang belum diisi oleh Honda.

Meskipun masih terlihat seperti mobil konsep penuh, namun Honda disebut akan segera membuat model produksinya dalam 5 tahun ke depan. Honda bahkan juga memproyeksikan untuk mengekspor mobil-mobil listrik ini keluar China, namun belum ada informasi mengenai hal tersebut untuk sekarang.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!