Hiperon Carrier, Van Kargo Elektrik untuk Berkirim Barang di Masa Depan

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Sebagai kendaraan yang mengutamakan fungsi untuk mengirimkan barang, van kargo memang jarang mendapat perhatian lebih terutama untuk masalah desain. Namun di era mobil listrik mendatang kelihatannya stigma tersebut akan berubah karena beberapa pabrikan kini memberikan fokus kepada desain van kargo.

Salah satunya adalah Hiperon, perusahaan manufaktur mobil elektrik komersil asal Asia ini terlihat memberikan cinta lebih untuk van kargonya. Van yang diberi nama Hiperon Carrier ini tampil layaknya van futuristis dengan desain minimalis dengan permukaan bodi yang halus.

Hiperon kelihatannya ingin membuat Carrier memiliki aerodinamika yang maksimal untuk mengoptimalkan jarak tempuhnya. Maka dari itu mereka bekerja sama dengan One One Lab Design Studio untuk mendesainnya. Dan hasilnya cukup menakjubkan ketika van kargo tersebut tampil layaknya mobil konsep milik Porsche ataupun Tesla.

Secara siluet, Carrier masih memiliki siluet bentuk van kargo konvensional. Namun tentunya lekukan-lekukan di bagian depannya telah dibuat lebih mengalir. Fascia depan mobil ini juga tampak bersih dengan absennya grille serta lampu bar DRL tipis yang memanjang dari kiri ke kanan.

Gaya minimalis tersebut juga terus dibawa ke bagian samping dan belakang van yang full tertutup tanpa cekukan atau garis. Lampu belakangnya pipih layaknya di beberapa mobil sport modern. Interior juga mendapat perlakuan yang sama dengan dashboard minimalis yang tetap fungsional.

Untuk spesifikasinya, Hiperon hanya memberikan sedikit detail terhadap Carrier. Namun van elektrik ini akan menggunakan motor listrik 198 kW dengan tenagah 265 daya kuda. Dilengkapi dengan baterai sebesar 75 kWh, dan daya tempuh maksimal sejauh 320 km.

Sebagai mobil kargo, Hiperon Carrier ini mampu mengangkat beban hingga 995 kilogram. Nantinya mobil ini ditawarkan lewat dua trim yaitu Carrier Basic dengan harga $49.900 (Rp709 juta) dan trim tertinggi yaitu Carrier Pro dengan harga $62.000 (Rp881 juta). Van kargo ini nantinya akan ditawarkan untuk wilayah China, Eropa, dan Amerika Utara.