Gogoro dan Gates Perkenalkan Belt Drive dengan Karbon Fiber

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Setelah terus melakukan ekspansi skuter listriknya ke berbagai negara, Gogoro ternyata terus mengembangkan bisnisnya ke arah yang lain. Kini pabrikan yang juga memproduksi baterai swap tersebut menjalin kerja sama dengan Gates yang merupakan perusahaan yang berfokus pada produksi belt-drive.

Kerja sama kedua perusahaan ini menghasilkan belt drivetrain khusus untuk kendaraan listrik dengan nama FLO Drive. Dan bukan sekedar belt-drive konvensional yang terbuat hanya dari serat rubber. Belt-drive milik FLO Drive ini kini diperkuat dengan serat karbon di bagian tengahnya.

Produk terbaru tersebut diberi nama Moto X9, dan lewat inovasi inti serat karbonnya tersebut belt-drive ini disebut akan lebih kuat, senyap, dan juga tidak memerlukan pemeliharaan ketimbang belt drive konvensional. Selain itu belt ini juga dapat dibuat lebih ramping yang nantinya dapat membuat blok mesinnya menjadi lebih ringkas.

“Moto X9 adalah evolusi terbaru kami yang didesain spesifik untuk kendaraan personal dan juga mobilitas jarak pendek. Memanfaatkan keahlian ilmu material dan kemajuan teknologi kami. Moto X9 hadr lebih kuat dan dapat menangani torsi tinggi dengan belt yang lebih ramping”. Ungkap General Manager of Mobility dari Gates, Joe Menzel kepada Electrek.

Ke depannya, belt-drive dari FLO Drive ini akan digunakan di skuter-skuter listrik yang mendukung Powered by Gogoro Network (PBGN) seperti Hero dari India dan Yadea serta DCJ. Selain itu Gogoro juga bekerja sama dengan perusahaan otomotif lain seperti Yamaha dan juga Suzuki. Kedua perusahaan motor asal jepang tersebut nantinya juga akan menggunakan FLO Drive pada beberapa produknya.

Untuk sekarang, produk skuter listrik yang telah menggunakan FLO Drive dapat dilihat pada skuter elektrik Viva Mix milik Gogoro. Skuter listrik kompak ini dilengkapi dengan 6kW motor listrik berpendingin air. Motor tersebut dikombinasikan dengan belt drive karbon fiber milik FLO Drive untuk menggerakkan roda belakannya.