Ferrari Sambut Baik Peralihan Industri Otomotif Menuju Elektrifikasi

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Beralih dari apa yang menjadi nilai jual utama sebuah perusahaan otomotif demi lingkungan memang sangat berat. Apalagi bagi pabrikan mobil super seperti Ferrari yang identik dengan deru mesin ber-CC besarnya.

Namun, pabrikan asal Italia ini ternyata menyambut baik peralihan industri otomotif ini menuju elektrifikasi. Hal tersebut disampaikan sendiri oleh sang CEO, John Elkann dikutip dari Carscoops.

Hal ini merupakan tindak lanjut dari usulan Uni Eropa untuk melarang penjualan mobil bensin dan diesel baru mulai tahun 2035 mendatang untuk memerangi pemanasan golbal. Yang ternyata dilihat oleh Elkann sebagai peluang baru bagi Ferrari.

“Kami menyambut baik peraturan ini. Peluang yang dimiliki oleh elektrifikasi, elektronik, dan teknologi lain yang segera hadir akan memungkinkan kami untuk membuat produk yang lebih berbeda dan unik.” Ujar Elkann kepada para analis awal minggu ini.

Ferrari 296 GTB

Seperti yang telah kami beritakan sebelumnya, Ferrari tetap berencana untuk merilis mobil listrik penuh pertamanya pada 2025 mendatang. Dan saat ini mereka telah mulai melakukan elektrifikasi terhadap model-model terbarunya seperti SF90 Stradale dan yang baru saja diumumkan 296 GTB.

Namun Ferrari memang belum mengungkap apa model yang akan menjadi mobil listrik pertama mereka. Para fans “kuda jingkrak” tentunya mengharapkan mobil listrik pertama Ferrari adalah supercar.

Namun ada juga kemungkinan bahwa Ferrari akan membuat mesin listrik sebagai pilihan untuk model-modelnya di masa depan. Sehingga para pembeli memiliki opsi untuk membeli Ferrari dengan konfigurasi mesin kombusi internal atau elektrik.

Dan yang terakhir, Ferrari juga akan melakukan pergantian CEO pada bulan September mendatang. Dimana posisi John Elkann akan diserahkan kepada Benedetto Vigna. Nantinya Vigna akan punya tugas besar untuk membangun kemitraan baru guna membantu peralihan Ferrari menuju elektrifikasi.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!