E-Bike Buatan Lokal Ini Jadi Kendaraan Dinas Keamanan di Amerika Serikat

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

E-bike atau sepeda elektrik mungkin belum terlalu populer untuk di Indonesia, namun moda transportasi ini bisa dibilang populer di Eropa dan Amerika Serikat. Maka tidak mengherankan bila berbagai macam orang di sana telah menggunakannya.

Namun e-bike yang digunakan oleh petugas keamanan di Kansas City Amerika Serikat ini cukup menarik. E-bike berwarna biru tersebut memang terlihat layaknya e-bike biasa. Namun yang mengejutkan adalah e-bike bernama CirKit tersebut ternyata buatan lokal.

Le-Bui CirKit ketika diproduksi pada 2020 (Image credit: Le-Bui)

CirKit ternyata adalah salah satu produk yang dibuat oleh Le-Bui atau Lombok e-Bike Builder. Le-Bui sendiri merupakan perusahaan e-Bike di Lombok, Nusa Tenggara Barat yang telah ada sejak 2016 lalu. Dan ternyata telah menjadi langganan bagi banyak pembeli dari luar negeri.

Yang terbaru ini, produk Le-Bui CirKit dibeli oleh E-Bike KC yang merupakan perusahaan konversi sepeda listrik di Amerika Serikat. Nantinya e-bike ini akan digunakan sebagai kendaraan patroli untuk petugas kemanan di sana terutama untuk wilayah kampus, mall, dll.

Owner dari Le-Bui, Gede Dijaya juga menjelaskan dalam postingan di akun Facebook-nya bahwa produk yang digunakan tersebut adalah produksi dari perusahaannya pada bulan Desember 2020 lalu yang dikirimkan ke Amerika Serikat pada Januari 2021.

Owner Le-Bui Gede Dijaya (kiri) saat diundang Kick Andy Show. Image Credit: Le-Bui

Gede juga menceritakan bahwa e-bike CirKit tersebut menggunakan motor listrik 3kW, namun untuk baterainya merupakan custom dari pihak E-Bike KC.

Hal ini tentu membuktikan bahwa produk kendaraan listrik dalam negeri memiliki potensi besar untuk dapat bersaing di pasar internasional. Namun sayangnya memang e-bike secara keseluruhan belum terlalu populer di Indonesia. Semoga ke depannya semakin banyak juga masyarakat yang menggunakan e-bike.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!