Dukung Adaptasi Mobil Listrik, Pelabuhan Tanjung Priok Akan Sediakan Charging Station

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Masalah infrastruktur mungkin menjadi salah satu problem yang masih terus dikejar oleh Pemerintah Indonesia. Penyebaran stasiun pengisian listrik atau SPKLU memang terus digencarkan, bukan hanya di perkotaan namun juga di lokasi penting lainnya seperti pelabuhan.

PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (Indonesia Port Corporation Terminal/IPCC) mengatakan akan mendukung perkembangan mobil listrik dengan menyediakan fasilitas SPKLU di area pelabuhan Tanjung Priok.

Dengan pembangungan charging station tersebut diharapkan mampu memperlancar kegiatan ekspor dan impor kendaraan listrik. Terutama saat berada di area terminal ataupun lahan parkir IPCC, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pengumuman tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis IPCC, Agus Hendriarto. Pada paparan Public Expose yang diadakan secara virtual, Senin 23 Agustus lalu.

SPKLU Mattoanging, Makassar (image credit: Baca Pesan)

Agus menyebutkan bahwa perkembangan industri mobil listrik nasional akan semakin masif ke depannya. Maka dari itu perusahaannya merespon dengan pengadaan charging station. Diharapkan seiring ramainya kegiatan perkapalan mobil listrik ke depannya, maka charging station yang disediakan di beberapa titik pelabuhan tersebut dapat terpakai sepenuhnya.

Untuk tahap awal IPCC disebutkan akan menyediakan 3 unit charging station. Stasiun ini nantinya dapat digunakan untuk mobil-mobil listrik yang ditempatkan di lahan parkir IPCC, baik ekspor maupun impor.

Pembangunan 3 unit charging station tersebut sendiri akan membutuhkan dana kurang lebih Rp 1 miliar. Hal tersebut diungkapkan oleh Investor Relation IPCC, Reza Priyambada yang didapat dari Tim Teknik dan Tim Keuangan IPCC.

Lebih lanjut, Reza juga menyebutkan bahwa perkembangan charging station di IPCC tergantung dari permintaan pasar terhadap mobil listrik. Mereka sendiri belum menetapkan target pendapatan dari charging station ini. Dengan pilihan antara dikenakan sebagai biaya terpisah atau digabungkan dengan tarif penumpukan dan layanan bongkar muat kargo kendaraan.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!