Dorong UMKM Lokal, Pemkot Jogja Luncurkan Gerobak Listrik

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Usaha pemerintah Indonesia untuk terus memperkenalkan gaya hidup kendaraan listrik memang hadir dengan berbagai cara. Selain insentif dan juga berbagai peraturan yang meringankan, pemerintah ternyata juga mengambil langkah unik lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta yang memilih untuk bekerja sama dengan PT Solar Indonesia untuk meluncurkan kendaraan listrik baru untuk mendukung usaha lokal, yaitu Gerobak Listrik atau disebut Gelis.

Gerobak listrik ini nantinya diharapkan dapat memenuhi kebutuhan alat angkut bagi para pelaku UMKM. Selain itu hadirnya Gelis ini juga sebagai dukungan dari Pemkot Jogja untuk memperbaiki kualitas udara dari kota Jogja. Selain itu Gelis juga dibangun seluruhnya karya anak bangsa.

Gelis ini sendiri diluncurkan secara resmi pada Sabtu, 28 Agustus 2021 lalu. Dalam peluncurannya ini juga dihadiri oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Heroe menjelaskan bahwa kendaraan ini menjadi bukti dukungan untuk pelaku UMKM dengan harga terjangkau dan efisien.

Secara bentuk, Gelis tampil seperti motor niaga roda tiga pada umumnya. Sehingga bagian dek belakangnya memiliki fleksibilitas untuk digunakan untuk berbagai macam keperluan UMKM. Bisa dibilang Gelis masih tampil layaknya motor biasa untuk mempermudah penggunaannya nanti.

Meskipun terlihat seperti motor biasa, namun Gelis sudah dilengkapi dengan motor listrik. Seperti pada model Gelis 300 yang telah menggunakan motor listrik berdaya 800 watt dengan baterai VRLA 48v-26AH atau 1,25 kWh. Dengan konfigurasi tersebut motor listrik ini mampu menempuh jarak rata-rata 30 km.

Motor berpenggerak roda belakang ini berbobot 600 kg dan diklaim mampu mengangkat beban hingga 300 kg. Hal tersebut berkat kombinasi per belakang model daun dan suspensi depan teleskopik.

Untuk mempermudah para pelaku UKM, PT Solar Indonesia juga menyediakan empat varian yaitu Gelis standar, Gelis Light Metal, Gelis Retro, dan Gelis Cargo. Chief Marketing Gelis, Ary Tjahyono juga menjelaskan bahwa nantinya PT SPI juga akan menawarkan tipe lain seperti Gelis 200 dan Gelis 150.