Di Rusia Timur, Harga Mobil Listrik Impor Bisa Lebih Murah daripada Mobil Lokal

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Salah satu faktor yang menjadi masalah dari mobil listrik tentunya adalah harga. Apalagi bila mobil listrik di negara tersebut tidak populer sehingga harus diimpor dari luar negeri. Namun teori tersebut kelihatannya tidak berlaku di Rusia Timur.

Karena menurut pemberitaan dari Bloomberg (via CarScoops) menunjukkan bahwa mobil listrik bekas yang diimpor dari Jepang. Bahkan jauh lebih murah daripada mobil lokal buatan Rusia, Lada. Padahal populasi mobil listrik di Rusia juga terbilang minor yaitu hanya 0,2% dari total kendaraan penumpang di sana.

Uniknya, mayoritas penjualan mobil listriknya tersebut berada di daerah Rusia Timur padahal jumlah populasi penduduknya sangat kecil. Bahkan Moskow yang merupakan ibu kota negara dengan populasi dua kali lipat tidak mampu mengejar populasi mobil listrik dari wilayah timur Rusia tersebut.

Anomali unik tersebut dikatakan terjadi karena dua alasan. Yang pertama adalah biaya impor Rusia yang rendah sekaligus wilayah Rusia Timur yang dekat dengan Jepang. Letak geografis tersebut membuat impor mobil listrik bekas dari Jepang sangat mudah dan murah.

Bahkan dicontohkan untuk Nissan Leaf tahun 2011 dihargai ₽350,000 atau hanya sekitar Rp 68 juta-an saja. Yang bahkan harga tersebut lebih murah daripada mobil baru buatan Rusia yaitu Lada Granta yang dibanderol ₽400,000 atau masih sekitar Rp 78 juta-an.

Dan bukan hanya masalah harga jual saja yang menarik minat warga Rusia Timur, namun juga karena adanya subsidi dari pemerintah Rusia untuk mobil listrik. Yang membuat biaya operasional mobil listrik jadi lebih murah daripada mobil berbahan bakar bensin.

Pemerintah Rusia sendiri memang memiliki rencana untuk mempromosikan mobil listrik dan juga mobil lokal dengan memberikan subsidi sebesar 25%. Hal ini tentu bisa terlihat dari usaha untuk meluncurkn mobil listrik mungil lokal Zetta pada akhir tahun ini.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!