Da Vinci DC100, Motor Listrik yang Bisa Menyeimbangkan Dirinya Sendiri

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Startup motor asal Beijing, China – Da Vinci Dynamics secara resmi meluncurkan dua motor listrik terbarunya yang dinamai DC100 dan DC Classic. Selain bentuknya yang futuristis yang paling menarik motor ini memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan dirinya dan bahkan mengikuti pemiliknya.

Motor ini bahkan dideskripsikan sebagai “robot di atas dua roda” berkat keberadaan segudang sensor elektronik canggih yang terpasang motor ini. Semua sensor ini bertujuan untuk menjaga motornya seaman dan seefisien mungkin.

DC100 dapat merasakan lingkungan sekitar, baterai, suhu motor, dan bahkan posisi motor terhadap lingkungan sekitarnya. Selain itu motor ini juga dilengkapi dengan sensor gyroscopic yang bisa menentukan sudut kemiringan motor sehingga motor ini bisa menjaga dirinya tidak terjatuh.

Perbedaan DC100 dan DC Classic sebenarnya hanya berada pada desainnya. Dimana DC Classic menjadi versi limited edition yang membuat tampilannya lebih klasik lewat beberapa ubahan dari versi dasarnya.

Da Vinci DC Classic

DC100 tampil layaknya motor konsep dengan monobodi berwarna silver yang membuatnya dibangun dalam satu blok. Lampu depannya menggunakan dua buah LED dengan ukuran berbeda yang membuatnya asimetris. Bagian buritan juga dibuat melancip yang membuatnya tampil lebih sporty.

Sedangkan pada DC Classic, plat bodi sampingnya dihilangkan, mengekspos box berisi baterai dan sitem kelistrikannya. Lampu depan juga diubah menjadi satu buah, dan juga bagian tangki dibuat berbeda dari versi DC100. Dan yang terakhir, jok sport melancip digantikan oleh jok kulit bergaya klasik.

Teknologi paling maju untuk motor listrik

Motor ini memiliki segudang teknologi yang disematkan mulai dari Driving Assitance yang dapat membuat laju motornya lebih halus pada kecepatan rendah. Sensor motor ini juga dapat mendeteksi tanjakan dan turunan sehingga motor ini dapat mengaktifkan ‘uphill assist’ saat menanjak, dan juga ‘engine braking‘ saat menurun.

Selain itu untuk mempermudah keluar-masuk parkir, DC100 juga dilengkapi dengan gigi mundur. Motor ini juga memiliki kontrol traksi yang menjaga agar roda tidak selip. Terakhir motor ini juga dilengkapi dengan sistem pengisihan daya saat motor meluncur dan mengerem.

Da Vinci menyematkan motor listrik 102 kW yang menghasilkan 137 daya kuda yang membuatnya setara dengan motor sport 1.000 cc. Torsi yang dimiliki motor ini mencapai 850 Nm dengan kecepatan maksimal mencapai 200 km/jam. Baterainya menggunakan lithium-ion sebesar 17,7 kWh. Membuat DC100 dapat menempuh jarak 400 km.

Para pengendara juga dapat memilih 2 mode pada motor ini yaitu Relax dan Sports. Selain itu DC100 diklaim hanya membutuhkan waktu setengah jam saja dnegan menggunakan charger level 3. Masalah harga Da Vinci mematok banderol USD27,500(398 juta) untuk DC100. Sedangkan DC Classic yang hanya dibuat terbatas sebanyak 50 unit memiliki harga USD90,000(Rp1,3 miliar).


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!