Cupra Perkenalkan UrbanRebel, Konsep Hatchback Terbaru Bergaya Ekstrim

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Dengan beragam improvisasi desain yang dilakukan terhadap mobil listrik, efisiensi dan juga fungsionalitas mungkin masih menjadi tema utama. Namun divisi sport dari pabrikan Spanyol SEAT yaitu Cupra ternyata berani membuat konsep yang agak gila lewat UrbanRebel.

Diumumkan sebulan lebih cepat dari debutnya pada event Munich Motor Show. Cupra totalitas menampilkan proyek konsep mobil listrik yang dibangun lewat platform bersama MEB milik Grup VW ini. Namun meski menjadi saudara dari VW ID.3, Cupra UrbanRebel menunjukkan tampilan yang sesuai dengan nama yang disandangnya.

Spoiler besar di belakang tentu menjadi perhatian utama saat pertama kali melihat konsep hatchback yang satu ini. Spoiler yang menjadi satu dengan lampu belakang ini memang membuat tampilannya sangat agresif. Apalagi dikombinasikan dengan body-kit lebar yang dipasangkan di seluruh badan dari UrbanRebel ini.

Bagian wajah dan samping dari mobil ini juga tidak kalah agresif dengan berbagai lekukan yang membuatnya lebih dinamis sekaligus makin gahar. Sekilas bahasa desain berlekuk-lekuk ini memang mengingatkan kepada desain-desain dari Toyota dan Lexus.

Dengan tampilannya yang sudah “sangar”. Cupra menyematkan motor listrik yang mampu memberikan tenaga konstan 335 daya kuda, dan tenaga maksimal yang mampu menyentuh 429 daya kuda. Tenaga masif tersebut mampu membuat mobil tiga pintu ini melaju dari 0 ke 100 km/jam hanya dalam 3,2 detik.

Meskipun terlihat ganas sebagai prototip, sayangnya pihak Cupra mengatakan bahwa versi produksi dari UrbanRebel ini nantinya hanya akan memiliki tenaga kurang dari separuh versi konsep. Sekaligus memiliki akselerasi hampir 2x lipat lebih lambat, setidaknya untuk trim yang paling standar.

Selain penjinakan dapur pacu, versi produksi dari konsep ini juga direncanakan akan mengalami penyesuaian desain. Salah satunya adalah konsep tiga pintu yang terlihat pada konsepnya akan diubah menjadi 4 pintu pada versi produksinya nanti. Termasuk kemungkinan besar spoiler masifnya akan ikut ‘disesuaikan’ nantinya.