Bukan Honda, Motor Listrik Retro “Super Cub 125” Ini Buatan Inggris

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Pabrikan asal Inggris- Motron Motorcycle meluncurkan Cubertino yang mirip Honda Super Cub 125

Kebebasan untuk mendesain mobil maupun motor listrik memang membuat banyak desainer pabrikan maupun start-up di seluruh dunia mengambil berbagai macam pendekatan. Dan style retro kelihatannya masih cukup menarik untuk diulik ke dalam mobil-motor listrik karena bentuknya yang klasik dan unik.

Salah satunya adalah pabrikan asal Inggris bernama Motron Motorcycles yang baru saja meluncurkan beberapa produknya, dan satu yang mencuri perhatian adalah versi elektrik dari Honda Super Cub 125 yang mereka namakan Cubertino.

Dari kiri-kanan : Motron X-Nord, Motron Ventura, dan Motron Cubertino

Motron sendiri merupakan bagian dari KSR group yang merupakan importir multi-merk asal Austria. Dan sang pemilik Michael dan Christian Kirchenhofer mengatakan bahwa line-up baru mereka ini memang ditargetkan untuk orang-orang yang ingin melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk mengusir rasa bosan selama pandemi ini.

Dan kelihatannya KSR berani bermain dengan meluncurkan Cubertino ini. Motor ini sendiri memiliki desain bodi yang bisa dibilang sangat mirip dengan Honda Super Cub 125 ataupun motor-motor bebek retro era 70-80an.

Secara dimensi motor ini kurang lebih sama dengan Super Cub 125 dengan panjang 1.895 mm, lebar 680 mm, dan tinggi 1.020 mm. Motor ini sendiri bisa menanggung beban hingga 228 Kg. Bila lebih, motor sebetulnya masih bisa melaju hanya saja kecepatan dan jarak tempuhnya akan berkurang.

Dibalik bodi klasik dan velg jerujinya motor ini ditenagai oleh motor listrik DC brushless keluaran Bosch 60V 1,5 kW yang mengeluarkan tenaga 2 Hp. Torsinya sebesar 32 Nm disalurkan lewat hub roda belakang. Sedangkan sumber tenaganya adalah baterai lithium-ion berkapasitas 1,56 kWh. Dengan spesifkasi tadi, motor ini mampu melaju hingga 45 km/jam dan jarak maksimal 56 kilometer.

Terakhir untuk harganya sendiri, Motron Cubertino ini akan dibanderol dengan harga mulai 1.999 Euro atau sekitar 34,38 Juta Rupiah dengan pilihan dua warna yaitu putih dan abu-abu. Sayangnya Motron sendiri berencana meluncurkan untuk wilayah Eropa saja untuk sekarang.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!