Brand Elektronik Lokal Polytron Punya Motor Listrik

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Nama Polytron tentunya telah dikenal baik oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu brand elektronik lokal. Diam-diam pabrikan yang berada di Kudus, Jawa Tengah ini ternyata juga mengembangkan sepeda motor listriknya sendiri. Hal ini terungkap saat Gubernur Jawa tengah, Ganjar Tengah memperlihatkannya ke umum untuk pertama kalinya.

Lewat postingan di akun media sosialnya, Ganjar memperlihatkan video dirinya yang tengah mencoba motor listrik yang diberin nama Evo tersebut. Dalam caption-nya, beliau menuliskan “Sudah siap beralih ke motor listrik? Evo bisa jadi pilihan. Inilah karya saudara kita sendiri.”

Lewat pengakuan CEO PT Hartono Istana Teknologi, Hariono terungkap ternyata pihaknya telah membuat motor listrik sejak 2018 lalu. Keputusan tersebut diambil karena melihat potensi pasar motor listrik yang cukup besar di Indonesia.

Hariono juga menjelaskan bahwa untuk sekarang mereka baru memasarkan satu tipe, namun mereka berjanji untuk terus mengembangkan dan rencananya tahun 2022 mendatang ada dua produk baru lagi yang akan diluncurkan.

Secara spesifikasi Evo memiliki spesifikasi dasar layaknya motor listrik perkotaan. Business Development PT Hartono Istana Teknologi, Christoper menjelaskan bahwa tenaga maksimal dari skuter listrik ini mencapai 3.000 watt atau sekitar 4 daya kuda. Tidak terlalu besar karena skuter listrik ini memang diperuntukkan untuk perkotaan.

Meski begitu, skuter Evo ini diklaim dapat menembus kecepatan maksimal 60 km/jam. Untuk dayanya, skuter listrik ini dilengkapi dengan baterai berkpasaitas 1.740 Wh. Dengan konfigurasi tersebut Evo diklaim dapat menempuh jarak 60-70 km. Sayangnya tidak dijelaskan berapa lama durasi yang dibutuhkan untuk mengisi daya skuter elektrik ini.

Christoper juga menunjukkan keiritan skuter listrik ini lewat perhitungan konsumsi biaya yang dikeluarkan dibanding motor biasa. Dirinya menyebut untuk penggunaan satu minggu dengan jarak tempuh sekitar 100 km maka motor biasa membutuhkan biaya sekitar Rp30.000-an. Namun dengan skuter Evo ini hanya butuh biaya Rp2.500 hingga Rp3.000 untuk seminggu.