BMW Motorrad Kenalkan Konsep Skuter Elektrik Mini CE 02

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Selain fokus untuk menyediakan mobil listrik, BMW ternyata juga cukup serius dalam menggarap pasar kendaraan listrik roda 2. Bagaimana tidak, hanya berselang beberapa bulan setelah meluncurkan skuter eletktrik BMW CE 04, pabrikan asal Jerman ini tidak menunggu lama untuk memperkenalkan konsep barunya yang dinamai CE 02.

Berbeda dengan CE 04 yang tampil layaknya motor skuter besar, CE 02 mengambil arah yang sebaliknya dengan membuat desainnya sekompak dan seminimalis mungkin. Bahkan divisi motor BMW, yaitu BMW Motorrad menyebut skuter listrik ini sebagai “skateboard di atas dua roda”.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, CE 02 mengambil dimensi yang kompak layaknya Honda Grom atau Kawasaki Z125. Dipadukan dengan styling bergaya neo-cafe racer, skuter listrik ini memang tampil layaknya kendaraan yang digunakan untuk mobilitas jarak rendah sekaligus bergaya.

BMW tidak malu-malu untuk menunjukkan simplimitas dari CE 02, frame bodinya terlihat jelas menyangga baterai dan kelistrikan di tengah bodi. Begitu juga dengan stang kemudi yang dibiarkan tanpa bodi. Hasilnya skuter elektrik ini hanya memiliki bobot 120 kg saja.

Untuk menyeimbangkan ‘keterbukaannya’, BMW juga menyematkan roda besar dan tebal yang membuatnya tetap terlihat tangguh dan juga nyaman dikendarai. Elemen futuristis juga tetap dibawa lewat penggunaan LED untuk lampu depan, lampu belakang, dan juga spedometer digitalnya.

Membicarakan mesin, CE 02 dibekali dengan motor listrik 11 kW yang menghasilkan tenaga hampir 15 daya kuda. Kecepatan maksimalnya juga lumayan yang dapat mencapai 90 km/jam. Skuter listrik mini ini diklaim dapat menempuh 90 km dalam sekali isi daya. Meskipun sayangnya BMW tidak membagikan detail terhadap baterai yang digunakan.

Motor ini memang masih dalam tahap konsep, namun melihat reaksi terhadap CE 04 kelihatannya BMW akan membawa skuter elektrik ini ke jalur produksi di masa depan. Namun BMW memiliki PR yang cukup berat yaitu masalah harga. Karena skuter listrik ini menarget anak muda yang baru belajar motor.