BMW i Vision Circular, Konsep Mobil Perkotaan yang Dibawa dari 2040

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

BMW memang menjadi salah satu pabrikan mobil yang kerap menghadirkan konsep mobil revolusioner. Dan dalam gelaran IAA Mobility 2021, BMW memberikan pandangannya tentang bagaimana desain dari mobil mereka pada 2040 mendatang lewat konsep terbarunya yang diberi nama i Vision Circular.

Dan sesuai namanya mobil ini membawa filosofi ‘circular‘ atau bisa diartikan melingkar. Hal tersebut merujuk pada fakta bahwa mobil ini dikembangkan sepenuhnya dari material daur ulang. BMW memang ingin membuat mobil yang mereka buat nantinya dapat didaur ulang 100% ketika sudah tidak digunakan.

Filosofi tersebut akhirnya membuat i Vision Circular tampil unik dan bahkan sangat berbeda dari apapun yang pernah dibuat oleh BMW sebelumnya. BMW seakan meninggalkan hampir semua identitas mobilnya mulai dari siluet city car hexagonal. Hingga kidney grill yang kini dilebarkan dan dijadikan satu dengan lampu depan.

BMW juga percaya bahwa bagaimana mobil tersebut dibuat juga sama pentingnya dengan hasil emisi dari mesinnya. Sehingga mereka tidak hanya berfokus pada peralihan kepada mesin listrik, namun juga pengolahan material dan pembuatan mobilnya.

Alhasil mobil konsep ini dibangun menggunakan panel bodi yang terbuat dari aluminium dan baja daur ulang. Bumper di bagian bawah bodinya terbuat dari plastik daur ulang. Roda yang digunakan pada mobil ini dibuat dari karet natural dan juga partikel karet daur ulang yang diklaim BMW akan sekuat ban pada umumnya.

Interior dari masa depan yang juga ramah lingkungan

Tidak berhenti pada eksterior, BMW juga membawa bahan daur ulangnya ke dalam kabin futuristisnya. Interior dari i Vision Circular ini tampak mencuri perhatian terlebih dengan adanya semacam kristal raksasa di tengah dashboard-nya. Layar informasi dan infotainment juga ditiadakan digantikan dengan head-up display yang terpampang langsung secara semi transparan di kaca depan.

Elemen ramah lingkungan pada interior datang pada lingkar kemudinya yang dibuat menggunakan 3D print dengan bahan dasar natural yaitu bubuk kayu. Bahkan hampir semua bagian dari interiornya termasuk kristal di tengah dan sampingnya dibuat dengan 3D printer.

Banyak fans yang merasa bahwa apa yang dibuat BMW ini terlalu radikal. Namun perlu dipahami juga bahwa mobil ini adalah bentuk dari pandangan BMW di masa depan. Dan bukan konsep yang dipersiapkan untuk diproduksi beberapa tahun lagi. Meskipun bila waktunya tepat dan teknologinya telah mendukung, BMW memang bisa saja memproduksinya.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!