Baterai Motor Listrik ini Diklaim dapat Diisi Penuh dalam 90 Detik Saja

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Masalah durasi pengisian baterai mungkin masih menjadi tembok besar yang membuat banyak orang ragu untuk beralih. Namun banyak perusahaan di seluruh terus berusaha untuk mengatasi masalah durasi pengisian ini. Seperti baterai yang dikembangkan oleh MAHLE ini yang diklaim dapat diisi penuh hanya dalam 90 detik saja.

MAHLE adalah perusahaan suku cadang otomotif asal Stuttgart Jerman. Mereka bekerja sama dengan Allotrope Energy untuk menciptakan teknologi baterai lithium-karbon yang mampu diisi dayanya dengan super cepat. Baterai ini dibuat dengan mengkombinasikan sel lithium-ion dengan super kapasitor

Hasilnya, MAHLE dapat membuat baterai ini dapat diisi menggunakan daya 20kW yang memungkinkan baterai tersebut penuh dalam waktu kurang dari 90 detik. Teknologi super kapasitor tersebut juga membuat baterai ini dapat digunakan hingga 100.000 kali. Sebagai perbandingan, baterai lithium-ion konvensional sebesar 500Wh masih membutuhkan setidaknya 30 menit untuk diisi penuh.

Kepala Riset dari MAHLE, Mike Basset mengatakan bahwa ide ini lahir karena banyak pengguna kendaraan listrik yang khawatir baterai mereka akan habis saat perjalanan, sedangkan waktu yang digunakan untuk mengisi baterainya cukup lama.

“Kekhawatiran baterai habis sering menjadi penghalang utama bagi masyarakat untuk beralih ke kendaraan listrik. Namun jika baterai dapat diisi dayanya secara cepat, kami yakin kekhawatiran tersebut akan sirna,” ungkap Bassett.

Bassett juga menjelaskan bahwa dengan teknologi ultra-fast charging tersebut, ukuran baterai dapat dioptimalkan sesuai dengan skenario dan kebutuhan dari kendaraan tersebut. Sehingga nantinya kendaraan tersebut dapat menghemat bobot sekaligus menghemat biaya yang dikeluarkan untuk kendaraan listriknya.

Meskipun terlihat menakjubkan namun baterai ini masih dalam tahap pengembangan. Nantinya, MAHLE mengatakan akan menguji coba baterainya tersebut pada skuter listrik ringan yang digunakan untuk mengirim makanan. Targetnya skuter elektrik tersebut dapat digunakan menempenuh jarak 25 km.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!