Baterai Honda akan Jadi Standar untuk 4 Motor Listrik Jepang

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Baterai swap alias lepas pasang kelihatannya akan menjadi salah satu pilihan terbaik untuk motor-motor listrik yang akan dirilis di masa depan. Beberapa pabrikan juga bisa dibilang sukses dengan sistem ini seperti Gogoro yang baru masuk ke Indonesia bersama Gojek. Dan kelihatannya sistem baterai swap ini juga akan diadopsi motor-motor listrik buatan Jepang seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Hal tersebut dikarenakan keempat raksasa motor Jepang tersebut telah menekan kerja sama konsorsium untuk baterai universal pada Maret 2021 lalu. Dengan menggunakan baterai universal tersebut diharapkan keempat pabrikan tersebut dapat mengurangi waktu pengembangan dan juga biaya produksi motor listriknya nanti.

Meskipun tidak ada keputusan siapa yang akan menetapkan standar baterainya. Namun ternyata Honda telah mengambil inisiatif dengan mengumumkan battery pack universal mereka. Baterai tersebut diberi nama Mobile Power Pack (MPP) e, yang sebenarnya telah dikembangkan cukup lama oleh Honda. Baterai tersebut juga telah digunakan pada produk motor listrik mereka, Honda PCX Electric.

Namun di versi terbarunya, ini MPP e telah mengalami peningkatan kapasistas sebanyak 130% dan bobot yang lebih ringan 600 gram. Semua peningkatan tersebut dapat diraih dengan tetap menjaga ukuran battery pack yang tetap sama seperti generasi sebelumnya.

Hal ini akhirnya membuka kemungkinan bahwa battery pack ini akan menjadi standar bagi pabrikan-pabrikan lain seperti Yamaha, Kawasaki, dan Suzuki. Meskipun ketiga pabrikan lain tersebut juga tetap berkesempatan untuk membawa teknologi battery pack yang mereka kembangkan.

Namun tentunya bila memang baterai yang dikembangkan Honda tersebut dapat mengakomodasi kebutuhan dari motor-motor listrik yang dikembangkan Yamaha, Kawasaki, maupun Suzuki maka kemungkinan ketiga pabrikan tersebut mengadopsi baterai MPP e. Bila disetujui, maka kedepannya keempat pabrikan ini bisa berfokus pada pengadaan infrastruktur seperti stasiun penggantian baterai yang tentunya juga akan menjadi vital.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!