Aura Concept – Roadster Elektrik Hasil Kolaborasi Pabrikan Inggris

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Di era sekarang kolaborasi tentunya merupakan hal yang sangat lumrah. Maka tidak mengherankan bila beberapa pabrikan mobil asal Inggris akhirnya berkolaborasi untuk membuat mobil listrik pemungkas. Hasilnya, sebuah mobil roadster elektrik yang diberi nama Aura Concept.

Mobil roadster konvertibel ini merupakan karya gabungan dari beberapa pabrikan seperti Astheimer Desain yang mengurus desain ekterior dan interior. Conjure yang mengerjakan antar mukanya. Potenza Enginering mengembangkan motor listriknya, sedangkan BAMD Composites mengembangkan serat komposit alami dan kain tenun yang digunakan untuk panel bodi.

Hasilnya proyek keroyokan ini dapat dirampungkan hanya dalam waktu kurang dari satu tahun. Dan dapat berjalan lewat pendanaan yang dilakukan oleh Office for Zero Emission Vehicles (OZEV). Sehingga akhirnya mereka dapat memperkenalkan Aura Concept ini.

Roadster elektrik ini memiliki bobot yang ringan dan juga memiliki aerodinamis yang efisien berkat penggunaan material komposit fiber naturalnya. Bahkan roda belakangnya ditutupi cover untuk menambah aerodinamisnya.

Bentuk yang diusung oleh Aura Concept sendiri sangat minimalis dengan mayoritas bodinya merupakan permukaan halus yang mengalir dari depan ke belakang. Wajah depannya dibuat minimalis namun tetap menunjukkan ketegasan. Serupa dengan bagian belakang yang juga tampil minimalis dengan diffuser besar di bawah.

Desain minimalis ini juga dibawa ke dalam kabin terbukanya, dimana layar informasi pengemudi kini tidak berada di belakang lingkar kemudi namun di dalamnya. Sedangkan di tengah diletakkan layar berukuran 10 inci sebagai pusat hiburan.

Spesifikasi untuk mobil ini tidak diungkapkan secara mendetail, namun Aura diklaim dapat menempuh jarak 643 km lewat dua battery pack 44kWh. Mobil ini juga memiliki konfigurasi baterai yang unik, yaitu satu berada di bawah kap depan. Sedangkan baterai lainnya berada di lantai mobilnya.

Sayangnya, Aura Concept ini tidak akan diproduksi nantinya, karena proyek ini lebih bertujuan untuk menunjukkan kemampuan dari pabrikan-pabrikan yang membangunnya. Sekaligus untuk mengeksplorasi kemungkinan apa saja di masa depan.