Audi Perkenalkan Skysphere Concept. Roadster yang Dapat Berubah Menjadi Grand Tourer

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Meskipun mobil listrik identik dengan kendaraan ekonomis, namun juga tidak dapat dipungkiri bahwa ia adalah masa depan otomotif. Maka tidak mengherankan bila pabrikan seperti Audi mengeluarkan konsep terbaru yang meredefinisikan masa depan brand mereka.

Konsep tersebut diberi nama Skysphere, yang merupakan konsep mobil listrik yang berfokus pada kemewahan dan juga teknologi. Audi mengambil inspirasi dari mobil grand touring klasik yang punya wheelbase dan kap mesin panjang. Serta interior super mewah untuk dua orang penumpang menikmati perjalanan jarak jauh.

Namun Audi tentunya tidak hanya ingin membuat sebuah grand touring biasa. Alhasil, Audi membuat mobil ini mampu bertransformasi dari grand tourer menjadi sebuah mobil sport roadster.

Ketika berubah, mobil ini akan memendekkan bagian depan mobilnya hingga 25 cm. Serta akan merendahkan suspensinya untuk membuat mobilnya lebih sporty yang akan mengimprovisasi pengendaraannya.

Dan tidak hanya eksterior saja yang berubah, namun interiornya pun ikut berubah. Karena saat berubah menjadi sport maka stir dan pedal akan keluar dari dalam dashboard, serta memundurkan tempat duduk.

Menjadi mobil untuk perjalanan jauh, Skysphere akan dilengkapi dengan motor elektrik 465 kW yang menghasilkan tenaga 623 daya kuda dan mampu membuat mobilnya melaju dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 4 detik.

Sebagai sumber tenaga, mobil ini dilengkapi baterai pack sebesar 80kWh. Baterai tersebut diletakkan di bawah dan juga di bagian belakang kursi pengendara. Membuat mobilnya memiliki distribusi bobot 40% dan 60% dibelakang. Audi mengklaim bahwa mobil ini mampu menempuh jarak 500 km dalam sekali isi daya.

Uniknya mobil ini didesain oleh studio Audi’s Malibu Design Loft di Amerika Serikat menggunakan teknologi VR. Hal tersebut dikarenakan adanya pandemi yang mengakibatkan para desainer harus bekerja dari rumah. Dan setelah selesai desain tersebut baru dikirim ke Jerman untuk diproduksi.

Nantinya, Audi juga akan mengeluarkan konsep lain yang masuk dalam lini baru mereka tersebut yang akan diberi nama Grand Sphere dan Urban Sphere.