Audi Pamerkan Mobil Listrik Khusus untuk Reli Dakar – Audi RS Q e-tron

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Setelah mengeluarkan line-up terbarunya untuk mobil listrik mulai sedan hingga SUV. Audi ternyata menyasar ke segmen yang lebih ekstrim yaitu reli dakar. Pabrikan asal Jerman tersebut juga cukup percaya diri untuk mengikuti Reli Dakar 2022 mendatang dengan mobil listrik barunya, RS Q e-tron.

Menjadi debut pertamanya, Audi memiliki tantangan besar pada event Dakar mendatang. Karena RS Q e-tron nantinya harus menyelesaikan stage harian yang berjarak hingga 800 km. Untuk mengantisipasinya, Audi menyelipkan mesin 2.000 cc 4-silinder “efisiensi tinggi” yang bertindak sebagai generator baterai.

Namun mesin bensin tersebut tidak akan tersambung ke penggerak mobilnya. Mobilnya akan murni menggunakan tenaga sebesar 671 daya kuda dari motor listrik yang diadaptasi dari mobil Formula E mereka. Sebagai sumber daya, mobil ini dilengkapi baterai berkapasitas 50 kWh.

Denga tenaga sebesar itu, RS Q e-tron diklaim dapat melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu kurang dari 4,5 detik di jalanan off-road. Dengan kecepatan maksimalnya pada 170 km/jam.

Audi menyebutkan bahwa penggunaan motor listrik dapat memberikan beberapa keunggulan. Antara lain kemampuan untuk mengontrol distribusi tenaga motor listrik mereka sesuai kebutuhan lapangannya.

Desain ekstrim untuk menyesuikan reli dakar

Mengenai desain cadas yang diusung, Audi juga menjelaskan bahwa semua keputusan desain ekstrim yang diterapkan adalah untuk fungsional. Seperti bagian depan yang dibuat terbuka karena mobil reli dakar banyak melompat dan biasanya mendarat dengan suspensi tertekan penuh dan ujung mobil mengarah ke bawah.

Mobil ini juga memiliki air-intake besar di atas atapnya yang sangat mencolok terhadap proporsi profil mobil yang cenderung melandai. Namun lubang angin besar tersebut berfungsi penting untuk mendinginkan motor listrik yang terletak di belakang.

Audi menjadi pabrikan pertama yang berusaha memenangkan reli dakar dengan menggunakan mobil listrik. Mobil RS Q e-tron juga akan melakukan tes pertamanya awal bulan ini dan akan menjalani program uji komprehensif hingga akhir tahun yang akan mencakup entri di reli cross-country.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!