Audi Akhirnya Tunjukkan Konsep Elektrik Keduanya yang Berfokus pada Kemewahan

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Beberapa minggu lalu Audi telah memperkenalkan Skysphere Concept yang tampil menakjubkan karena kemampuannya untuk berubah dari grand tourer menjadi roadster. Dan kini akhirnya Audi memperlihatkan Grandsphere yang merupakan konsep kedua dari tiga konsep yang meredefinisikan pandangan masa depan Audi.

Namun berbeda dengan Skysphere yang totalitas menyongsong masa depan dengan bodinya yang dapat berubah bentuk. Maka Grandsphere lebih mendefinisikan kememawahan yang ingin diraih oleh Audi, yang bahkan disebut sebagai suksesor dari A8 di masa depan. Pabrikan empat cincin ini bahkan menargetkan untuk membuat mobil ini sebagai “Jet pribadi untuk jalanan”.

Dan hal tersebut terlihat jelas lewat bentuk yang lebih halus daripada Skysphere namun juga lebih mewah lewat proporsi kabin yang lebih luas. Serta bentuk buritan unik yang disebut mirip dengan buritan ala kapal pesiar mewah.

Daya tarik utama dari Grandshpere memang terletak pada interiornya yang super mewah dan juga canggih. Mobil ini juga ingin mengubah konsep bahwa kursi utama dari mobil mewah biasanya berada di belakang. Berkat teknologi otonomus, mobil ini membuat 2 tempat duduk di depan tampil mewah yang bahkan dilengkapi dengan minibar di konsol tengahnya.

Grandsphere nantinya akan dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengidentifikasi pengendara serta penumpangnya lewat ‘pathway identification‘. Dimana mobil nantinya akan membuka secara otomatis, mengatur tempat duduk hingga mengatur suhu kabin sesuai preferensi.

Sebagai mobil mewah, Grandspehre memiliki kursi depan yang dapat direbahkan hingga 60°, serta panel kayu yang menyambung dari sisi ke sisi. Hebatnya Audi juga menggunakan panel kayu yang berada di depan sebagai layar proyektor yang menunjukkan berbagai informasi.

Begitu juga dengan sistem hiburan yang kini menggunakan sistem ‘Audi Multi Media Interface‘ yang menggunakan teknologi MMI Touchless Response. Pengendara dapat mengatur sistem hiburannya dari panel kontrol yang berada di samping dekat pintu. Namun ketika pengendara berada pada posisi rebah maka mereka dapat menggunakan sistem eye-tracking untuk mengontrolnya.

Mobil super mewah dengan tenaga mobil super

Grandsphere ditenagai oleh dua motor listrik, depan dan belakang yang menghasilkan 530 kw atau 700 daya kuda dan torsi sebesar 960 Nm. Akselerasi 0 sampai 100 km/jam didapat dalam 4 detik, sayangnya kecepatan maksimal untuk mobil ini tidak diumumkan.

Untuk sumber tenaganya, mobil ini menggunakan baterai sebesar 120 kWh dengan teknologi fast charging yang dapat mengisi baterainya dari 5 ke 80 persen hanya dalam 25 menit. Sedangkan mobil ini mampu menempuh jarak hingga 750 km dalam sekali isi daya.

Sayangnya seperti Skysphere, Audi masih belum memiliki kepastian apakah akan membawa mobil ini menuju produksi atau tidak. Namun diekspektasikan mobil ini akan melanjutkan seri A8 pada 2024 mendatang.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!