ACM City One, Mobil Listrik Praktis Serbaguna dengan Baterai Modular

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Perusahaan startup mobil listrik memang memiliki kebebasan untuk bereksperimen untuk membuat terobosan pasar. Seperti yang dilakukan oleh Adaptive City Mobility atau ACM, yang baru saja meluncurkan proposal mobil listriknya. Mobil listrik mungil tersebut diberi nama ACM City One.

Mengikuti tren mobil mungil yang mulai populer seperti Wuling Mini EV, Renault Twizy, Citroen AMI, Microlino, dll. ACM akhirnya mulai mengembangkan City One dan telah melakukan tes pertamanya pada 2017 lalu. 4 tahun berlalu, dan ACM akhirnya siap untuk memamerkan mobil pertamanya tersebut pada gelaran IAA Mobility awal September mendatang.

ACM City One akan menjadi mobil mungil yang masuk segmen A, dengan ukuran 3,6 x 1,65 x 1,67 meter mobil ini masih mampu menampung 4 orang penumpang. Namun yang membuat mobil ini unik adalah sistem baterai modular (lepas-pasang) untuk pergantian cepat. 4 buat battery pack yang terletak di lantai bagasi tersebut bisa dicopot dan diganti dengan baterai yang telah terisi.

Meskipun menggunakan sistem baterai modular, ACM City One tetap mendukung pengisian melalui stasiun pengisian lewat colokan di depan mobil. Mobil ini sendiri memiliki desain yang cukup geometris dengan bentuk mengotak di hampir semua sisi. Desain tersebut membuat ruang kabinnya dapat digunakan secara maksimal.

Mobil listrik terjangkau yang serbaguna

Namun hal tersebut memang dibuat karena tujuan dari City One adalah untuk menyediakan akses universal terhadap mobil listrik yang terjangkau. Mobil ini nantinya ditargetkan untuk menjadi mobil taksi, niaga, logistik, hingga pariwisata.

Target tersebut juga didukung oleh kemudahan City One untuk mengubah bagian belakang mobilnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk mendukung hal tersebut, mobil ini ditenagai dengan motor listrik 25 kW yang menghasilkan 34 daya kuda. Meskipun tidak terlalu besar mobil ini masih mampu mencapai kecepatan maks. 110 km/jam.

Mobil ini ditenagai oleh baterai sebesar 24 kWh, dengan 10 kWh bersifat modular yang terbagi ke dalam 4 buah battery pack. Baterai tersebut mampu membawa City One sejauh 240 km. Dan apabila jarak tersebut kurang maka mobil ini bisa ditambahkan roof box baterai yang akan menambah jarak tempuhnya sejauh 120 km, membuat jarak maksimal totalnya 360 km.

ACM nantinya akan membanderol City One dengan harga antara €10,000-15,000 atau sekitar Rp 170-250 juta tergantung dari kelengkapan yang diusung. Meskipun bukan yang termurah di pasaran, namun ACM mengklaim telah mendapat 208.000 pesanan meskipun produksinya baru akan dimulai pada 2023 mendatang.