6 Mobil Listrik Terbaru Mercedes Grup yang Tampil di Munich Motor Show

Article Header Image

Galih Kresnawan

Published:

Gelaran pameran IAA Mobility Show 2021 atau yang mungkin dikenal juga sebagai Munich Motor Show 2021 baru saja dimulai. Berbagai pabrikan otomotif dunia mulai menunjukkan berbagai line-up elektriknya sebagai bentuk goal masa depan mereka.

Salah satu brand yang menampilkan line-up lengkap mereka adalah Mercedes Grup yang memperkenalkan cukup banyak konsep mobil listrik yang akan menjadi masa depan mereka. Total ada 6 buah mobil listrik yang terbagi ke dalam Mercedes Benz, Maybach, dan juga Smart.

Dan berikut adalah detail dari masing-masing mobil listrik yang kemungkinan besar akan diproduksi oleh pabrikan bintang tiga ini.

Mercedes Benz EQE

Mobil listrik pertama yang juga melengkapi line-up EQ milik Mercedese adalah seri EQE yang akan menjadi versi menengah dari EQS namun dengan styling yang sangat mirip. Perbedaan yang terlihat berada pada panjang wheelbase, desain lampu depan, dan cat dual-tone yang absen pada EQE. Sisanya, EQE memiliki styling membulat yang sangat mirip dengan EQS.

EQE nantinya akan diposisikan sebagai penantang Tesla Model S dan Audi A6 e-Tron. Dilengkapi dengan motor listrik 215 kW yang menghasilkan tenaga 288 daya kuda dan torsi 530 nM ke roda belakang. Mobil ini ditenagai dengan baterai sebesar 90,6 kWh yang dapat mengantarkan mobil ini sejauh 600 km. EQE direncanakan akan diproduksi pada pertengahan 2022 mendatang.

Mercedes-Benz EQB

SUV kompak elektrik dari Mercedes ini memang tidak benar-benar baru, namun kemunculannya pada gelaran Munich Motor Show ini membawa berbagai detail baru sekaligus memastikan bahwa mobil ini juga akan dirilis di luar China.

Mobil ini akan memiliki 2 versi yaitu versi dasar yang disebut EQB 300 dengan motor listrik bertenaga 225 daya kuda. Sedangkan versi atasnya dinamain EQB 350 dengan tenaga mencapai 288 daya kuda. Mobil ini juga dilengkapi dengan opsi 7 penumpang untuk mengangkut lebih banyak orang.

Smart Concept No.1

Lama tidak terdengar kabarnya, salah satu sub-brand dari Daimler ini akhirnya tampil kembali lewat Smart Concept No. 1. Konsep ini sendiri sebenarnya telah digoda sebelumnya lewat beberapa foto detail mobilnya. Dan akhirnya brand yang kini juga dimiliki oleh Geely ini menunjukkan mobil pertamanya secara penuh.

Concept No. 1 jelas menjadi mobil Smart dengan dimensi paling besar. Desainnya tampil minimalis dan elegan dengan cat berwarna putih dan emas di atas bodi yang minim lekukan. Ada sedikit rasa ‘Mercy’ yang tertular pada mobil ini terutama pada lampu belakang dan kemewahan kabinnya. Sayangnya Smart tidak membeberkan detail spesifikasi dari mobil ini.

Mercedes-Benz EQS53 AMG

Sudah menjadi ciri khas Mercedes-Benz untuk merilis varian kencang dari mobilnya dengan badge AMG. Line-up elektrik EQ pun juga mendapatkan perlakuan serupa lewat EQS53 AMG. Mercy membuat mobil ini bagi mereka yang menginginkan mobil elektrik mewah dengan performa tinggi.

Hasilnya, Mercy EQS ini kini dirombak hingga memiliki tenaga sebesar 751 daya kuda dari dua motor listriknya dan 0 ke 100 km/jam hanya dalam 3,4 detik. Selain merombak mesin, AMG juga merombak tampilannya menjadi lebih agresif lewat desain bumper lebih agresif, grille vertikal khas AMG, dan ducktail spoiler di belakang.

Mercedes-Maybach EQS SUV Concept

Bila AMG membawa mobil listrik Mercy menjadi lebih sporty, maka Maybach membuatnya menjadi lebih mewah. Dengan kombinasi warna Zircon Red dan Obsidian Black Mettalic, SUV super-mewah ini tampak mencolok dari deretan mobil Mercy lainnya.

Desainnya dirombak untuk tampil lebih mewah lagi dengan grill vertikal raksasa di depan dan bodi minimalis. Perhatian utama dari mobil ini tentu berada pada interior yang tampil super mewah layaknya kabin VIP pesawat dengan kulit warna putih ditambah dengan aksen rose gold di sekujur interiornya.

Maybach memang tidak mengungkap detil spesifikasinya namun SUV besar mewah ini diklaim dapat menempuh 600 km.

Mercedes-Benz EQG Concept

Langkah radikal ternyata diambil oleh Mercedes-Benz dengan ikut membawa salah satu SUV ikoniknya yaitu G-Class untuk ikut masuk ke dalam line up elektrik mereka. Keberadaan mobil ini memang telah sempat diprediksi beberapa bulan lalu, dan kini Mercy akhirnya resmi menunjukkan mobil yang kini bernama EQG tersebut.

Mobil ini sendiri masih dalam tahap pengembangan sehingga banyak detail yang masih belum terungkap dari mobil ini. Namun setidaknya para pengunjung dapat melihat bentuk penuh dari SUV yang masih membawa bentuk mengotak khas dari G-Class. EQG akan ditenagai oleh empat motor elektrik yang masing-masing akan menggerakkan tiap rodanya.


Berikut tadi adalah jajaran mobil listrik terbaru dari Mercedes Benz. Pabrikan mobil mewah asal Jerman ini terlihat sangat percaya diri untuk terjun ke pasar mobil listrik hingga beberapa tahun ke depan dengan line up yang cukup bervariasi mulai dari sedan hingga SUV.


Jangan lupa follow kita di Instagram @momotrik.id dan juga like Facebook Page kita di @momotrik.id untuk medapatkan informasi menarik lainnya seputar mobil dan motor listrik!!